Pada “Karet Bantalan jembatan” ,dapat terjadi pergerakan yang diakibatkan oleh pemuaian dan penyusutan yang karena perubahan temperatur, pergerakan tanah, gaya sentrifugal dan logitudinal dari kendaraan yang melintas, lendutan akibat beban, maupun kombinasi dari semua gaya tersebut. Untuk mencegah kerusakan “KaretBantalan jembatan” yang disebabkan oleh pergerakan jembatan, maka diperlukan landasan yang dapat menahan pergerakan jembatan. Penahan jembatan atau landasan “Karet Bantalan jembatan” yang baik adalah yang bersifat awet, mudah pemasangan dan pemeliharaannya, dan murah. Landasan “Karet Bantalan jembatan” dapat menahan pergerakan jembatan dengan meneruskan gaya dan meredam getaran dari bangunan atas ke bangunan bawah.
Landasan “Karet Bantalan jembatan” terdiri dari dua komponen yaitu “bantalan jembatan” dan “dudukan bantalan”. Ada beberapa tipe “Karet Bantalan jembatan” dari bahan pembuatannya, di antaranya : bantalan karet, logam, dan lainnya. Di antara bahan “Karet Bantalan jembatan” tersebut, yang paling sering digunakan adalah “Karet Bantalan jembatan” berbahan karet. “Karet Bantalan jembatan” karet sendiri dapat terbuat dari karet alami (natural rubber), karet sintetis (seperti neoprene dan EPDM), maupun campuran karet alami dan sintetis. “Karet Bantalan jembatan” atau yang biasa disebut sebagai elastomeric bearing pads jauh lebih mudah dipasang pada jembatan dibandingkan dengan jenis “Karet Bantalan jembatan” yang lain dan memerlukan perawatan yang seminimal mungkin. Elastomeric bearing pad dapat mampat saat diberi tekanan vertikal dan juga mampu mengakomodasi rotasi horizontal, serta memberikan gerakan pergeseran lateral.
“Karet Bantalan jembatan” dapat berupa blok bantalan karet biasa (Plain bearing pad ) ataupun dengan lapisan lempengan baja di dalamnya (Steel Reinforced Elastomeric Bearing). Steel Reinforced Elastomeric Bearing merupakan “Karet Bantalan jembatan” yang dibuat dari penggabungan lempengan baja dan elastomer atau karet pada saat proses vulkanisasi atau pencetakan “Karet Bantalan jembatan”. Gambar 1 di bawah ini menunjukkan perbedaan antara Plain bearing pad dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing.
Karet Bantalan Jembatan -
pep-and-srebp
|
Kemampuan “Karet Bantalan jembatan” dalam menahan beban vertikal
semakin meningkat dengan semakin banyaknya jumlah lempengan baja. Plain
bearing pad akan
memampat bila dikenai beban atau tekanan vertikal dimana pada Steel Reinforced Elastomeric Bearing, “Karet Bantalan jembatan”
akan menonjol keluar disertai dengan penyerapan beban vertikal oleh
tiap-tiap lempengan baja seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 2.
Karet Bantalan Jembatan
-beban-vertikal.
|
Sementara
itu, penyerapan beban dan pergerakan horizontal oleh Plain bearing pad dan Steel
Reinforced Elastomeric Bearing ditunjukkan oleh Gambar 3. Steel
Reinforced Elastomeric Bearing tersusun dari “Karet Bantalan jembatan”
elastomer yang dipisahkan dengan kepingan baja reinforce. Ukuran “Karet Bantalan jembatan”, jumlah lempengan baja, serta
ketebalan dari “Karet Bantalan jembatan” di antara lempengan baja disesuaikan dengan
kebutuhan beban atau tekanan yang akan disalurkan oleh “Karet Bantalan jembatan” tersebut.
Karet Bantalan Jembatan -
beban-horizontal
|
Untuk
informasi dan pemesanan, silahkan hubungi :
Bhineka
Citra Sejahtera, Jalan Terusan Danau Kerinci IE No.5 Sawojajar, Malang.
Telp / fax :
0341-725411
Mobile :081703213011
E-mail : bcsrubber@gmail.com / bhinekacitra@gmail.com
Sumber
Pustaka :
No comments:
Post a Comment